Layanan - Tips

Memilih Asuransi Bagi Pemula

KESADARAN berasuransi masyarakat Indonesia makin meningkat berkat gencarnya sosialisasi yang dilakukan industri dan pemerintah. Bagi Anda yang belum memahami asuransi, Anda sebaiknya mencari tahu dulu produk yang akan dibeli. Untuk produk asuransi jiwa, misalnya, akan muncul pertanyaan-pertanyaan, seperti berapa besar pertanggungan yang dibutuhkan, produk apa yang sesuai, dan perusahaan asuransi mana yang bagus. Berikut adalah tips sederhana bagi Anda yang baru pertama kali membeli produk asuransi jiwa.

1. Pahami lebih dulu mengapa Anda membutuhkannya. Kebanyakan orang mungkin memerlukan asuransi jiwa untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Jangan membeli polis hanya karena terpengaruh orang atau agen dan mengesampingkan kebutuhan diri Anda sendiri.

2. Tentukan jumlah cakupan yang Anda butuhkan. Misalnya, berapa jumlah uang yang akan diterima keluarga atau ahli waris jika Anda meninggal dunia—itu disebut manfaat meninggal dunia. Untuk menentukan jumlah yang tepat dari asuransi jiwa, Anda bisa menggunakan kalkulator online di beberapa website perusahaan asuransi jiwa. Anda juga bisa meminta ilustrasi kepada perusahaan asuransi atau agen asuransi. Cara termudah ialah dengan hanya mengambil gaji tahunan Anda dan kalikan delapan.

3. Carilah jenis polis yang tepat. Setelah mengetahui berapa banyak cakupan yang Anda butuhkan, Anda dapat menentukan jenis polis terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

4. Lihatlah kualitas perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Anda dapat mencari tahu tentang hal itu melalui media, laporan keuangan, atau website perusahaan asuransi.

5. Berkonsultasilah dengan orang yang sudah paham asuransi. Anda juga dapat berkonsultasi dengan agen ataupun penasihat keuangan. Seorang profesional keuangan, misalnya, dapat membantu Anda menghitung dengan mempertimbangkan faktor keuangan serta kebutuhan Anda dan keluarga. (*)